-->

Operasi Lilin 2018, Polres Mentawai Antisipasi 3 Faktor Berikut Ini


Foto: Polres, Kodim 0319, Sabandar, Basarnas, Dishub dan Instansi terkait setelah melakukan Apel operasi lilin 2018. Jumat, (21/12). [E.Virmando-figurnews.com].


Mentawai (Sumbar), FN- Melalui apel gelar pasukan operasi lilin 2018 tingkatkan sinergi polri dengan instansi terkait. Dalam rangka memberikan rasa amanah dan nyaman pada perayaan Natal 2018 dan Tahun baru 2019. Adapun 3 faktor antisipasi yang dilakukannya Operasi lilin ialah orang, barang, dan tempat.

Kapolres Mentawai AKBP Hendri Yahya mengatakan, Faktor pertama adalah orang, guna menjaga keamanan satabilitas penumpang yang melakukan mudik Natal dan tahun Baru. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kelebihan muatan kapal penumpang.

“ Kami sudah melakukan rapat Koordinasi dengan Sabandar, Stakeholder TNI, Instansi terkait, PU dan Basarnas untuk mengantisipasi lonjatan masyarakat untuk arus mudik dengan kapal. Dan kita himbau agar masyarakat tidak melakukan mudik melebihi jumlah kapasitas muatan kapal. “ katanya. Jum’at, (21/12).

Dan untuk menjaga orang atau masyarakat yang sedang merayakan Natal dan Tahun baru, pihaknya mengerahkan sebanyak 150 Personil dengan 260 Gereja di kepulauan Mentawai, yang nanti terbagi bagi sesuai jadwal yang di tentukan.


Sedangkan faktor kedua ialah tempat seperti, tempat Ibadah, Tempat penjualan Sembako, dermaga dan PLN. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan PLN agar mengantisipasi apabila ada kerusakan agar sebelumya di lakukan perbaikan dan waktu masyarakat melakukan perayaan natal tidak terjadi mati lampu.

 “ Kita datangi para Bajak Gereja, kami minta kepada Bajak Gereja demi menjaga hal yang tidak kita inginkan terjadi agar memberikan laporan kepada kami kapanpun atau 1 X 24 jam, kami siap. “ terangnya.

Ia menambahkan 2 minggu lalu, pihaknya sudah mengelar pemeriksaan di supermaket bersama Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) tingakat 1 dan 2 guna memeriksa barang yang sudah tidak layak konsumsi. Setelah itu pihak Perindagkop melanjutkan kepihak yang nanti melakukan pemusnahan.

Sementara faktor ketiga adalah barang, seperti Kendaraan agar tidak pakir sembarangan. Pasalnya, akan menimbulkan niat para pelaku melakukan pencurian. Kemudian rumah yang di tinggalkan, agar memeriksa Pintu, Lampu, Kompor dan hal yang mengganggu keamanan.

Selain itu pihaknya telah melakukan Operasi cipta kondisi 1 bulan yang lalu, yaitu Lalu lintas dan cipta kondisi penyakit masyarakat. “ pengamanan penyakit masyarakat seperti Miras, judi, dan Premanilisme. “ paparnya Kapolres Mentawai seusai apel Operasi Lilin 2018. (EV)

0 Response to "Operasi Lilin 2018, Polres Mentawai Antisipasi 3 Faktor Berikut Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel